Sabtu, 19 Maret 2011

PENYAJIAN DATA

Batas kelas dalam suatu interval kelas atau kategori terdiri dua macam yaitu batas kelas bawah (lower class limit) yaitu nilai terendah dalam suatu interval kelas dan batas kelas atas (upper class limit) yaitu nilai tertinggi dalam suatu interval kelas.
            Nilai tengah kelas adalah tanda atau penciri dari suatu interval kelas dan merupakan suatu angka yang dapat dianggap mewakili suatu interval kelas. Nilai tengah kelas dapat diperoleh dengan menjumlahkan batas bawah dan batas atas kelas dan kemudian dibagi dua.
            Nilai tepi kelas (class boundaries) adalah nilai batas antara kelas (border) yang memisahkan nilai antara kelas satu dengan kelas lainnya. Nilai tepi kelas diperoleh dari penjumlahan nilai atas kelas dengan nilai bawah kelas diatasnya dan kemudian dibagi dua.nilai tepi kelas ada dua macam yaitu nilai tepi kelas bawah (lower class boundaries) dan nilai tepi kelas atas (upper class boundaries).
            Frekuensi kumulatif menunjukkan besarnya jumlah frekuensi pad tingkat kelas tertentu. Frekuensi kumulatif dapat diperoleh dengan menjumlahkan frekuensi pada kelas tertentu dengan frekuensi kelas selanjutmya. Frekuensi kumulatif dibedakan dalam dua bentuk yaitu frekuensi kumulatif kurang dari yang merupakan penjumlahan dari mulai frekuensi kelas terendah sampai kelas tertinggi dan jumlah akhirnya merupakan jumlah data (n). Frekuensi kumulatif lebih dari merupakan pengurangan dari jumlah data (n) dengan frekuensi setiap kelas dimulai dari kelas terendah dan jumlah akhirnya adalah nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar